Makalah Pembuatan Animasi

Membuat Animasi Dengan Menggunakan POWER POINT





1.1   Abstrak

Kita semua rata-rata tahu apa yang dimaksud dengan animasi. Animasi adalah gambar yang sudah disusun secara teratur dengan mengikuti alur yang sudah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar animasi bisa meliputi gambar makhluk hidup, benda mati ataupun tulisan. Pada saat membuat animasi, membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena prosesnya memakan waktu yang lama. Membuat gambar yang diinginkan, menambahkan pergerakan animasi, waktu/timing yang tepaat untuk pergerakan gambar, dan yang paling penting adalah sinkronisasi dengan suara.


1.2   Pendahuluan

Power Point adalah software besutan dari Microsoft Inc. yang sudah lama dikeluarkan. Hingga sekarang Power Point mempunyai versi yang selalu memperbarui tiap tahunnya. Power Point adalah software yang bisa membantu kita untuk mempermudah dalam hal-hal pekerjaan. Contohnya adalah kita membuat bahan presentasi untuk rapat atau dalam hal pembelajaran. Power Point bisa membuat Slide yang digunakan untuk presentasi. Kita bisa saja membuat animasi dengan menggunakan Power Point. Karena dengan Power Point kita bisa menggerakkan gambar dengan keinginan kita.

Kita bisa mengatur waktu sesuai dengan pengaturan kita. Dengan Power Point membuat animasi bisa dengan mudah. Dan pengaturan pun tidak sulit. Disini saya akan memberikan conoth animasi berupa gambar pemandangan yang bisa bergerak. Maka dari itu saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat animasi tersebut dengan menggunakan Power Point.

1.3   Isi

  • Pertama-tama buatlah gambar yang anda inginkan. Atau anda bisa mencari gambar di Google. Disini saya menggunakan gambar yang saya dapatkan dari Google search. Link bisa anda dapatkan di bagian referensi. Saya menggunakan gambar pemandangan gunung.
  • Lalu pada tab Insert, anda klik lalu pilih image dan klik Picture. Kita cari file yang kita sudah download atau gambar yang sudah anda buat. Lalu klik open.




  • Anda bisa memperbesar gambar anda dengan men Drag titik-titik pada setiap sisi gambar. Tarik hingga memenuhi Slide. Tapi catatan sedikit. Saya disini akan meng edit gambar yang saya dapatkan dari sumber. Karena saya akan membuat awan dan matahari bergerak. Jadi saya menghapus gambar matahari dan awan dengan menggunakan Paint. Maka gambar yang telah saya edit akan sebagai berikut.


Gambar yang belum di edit

Gambar yang sudah di edit




Lalu saya timpakan kedua gambar tersebut sehinnga akan menjadi seperti berikut


  • Setelah itu saya mencari gambar yang lain yaitu gambar matahari dan awan. Disini saya mengambil gambar matahari dari sumber yang tertera tetapi awan saya akan mengambil dari gambar awan yang sebelumnya. Lalu saya edit kembali dengan Paint


  • Saya masukkan gambar awan dan matahari sama seperti sebelumnya. Untuk awan, saya men copy gambar hingga 3 kali untuk memperbanyak. Gambar yang memiliki background anda dapat hilangan dengan meng klik remove background. Anda bisa memilih gambar yang ingin dihapus atau gambar yang ingin ditampilkan. Lalu klik Keep Change. Aturlah gambar sedemikian rupa. Agar matahari dan awan terlihat seperti di belakang gunung, gunakanlah pengaturan Bring Backward pada bagian atas.




Maka gambar akan terlihat sebagai berikut



  • Saya meletakkan matahari tepat dibelakang gunung sehingga ketika animasi bergerak, matahari seakan-akan terbit dari belakang matahari. Untuk gambar burung, saya membuat sendiri dengan Paint. Khusus untuk gambar burung, karena gambar tersebut hanyalah sebuah garis dan sulit untuk dideteksi ketika menghapus gambar background. Maka dari itu klik gambar 2 kali. Lalu pilih menu Color. Kemudian klik Set Transparent Color. Setelah itu klik gambar burungnya. Maka background akan hilang.


  • Untuk membuat animasi, anda bisa klik gambar yang ingin dijadikan animasi lalu klik Animation. Saya menggunakan Custom Path karena saya ingin membuat gambar sesuai dengan keinginan saya sendiri. Buatlah jalur animasi dengan keinginan anda. Maka hasilnya akan menjadi sebagai berikut






  • Animasi pun selesai! Anda bisa mengatur durasi lamanya gambar itu akan bergerak di pengaturan Duration.


 
CATATAN:
  • Untuk gambar dengan muncul bertahap anda bisa memilih semua gambar dengan tipe On click pada tab Start.
  • Untuk gambar dengan muncul bersamaan, pertama-tama pilihlah gambar yang ingin anda tampilkan awal. Lalu pilihlah On Click. Lalu setelah itu gambar-gambar setelahnya anda pilih With Previous agar gambar anda bisa bersamaan bergerak.

1.4   Penutup

Dengan menggunakan aplikasi Power Point, anda bisa membuat animasi sederhana dengan mudah. Anda bisa mengatur jeda kemunculan gambar, durasi lamanya gambar bergerak hingga bermacam-macam gerakan yang sudah disediakan. Selain itu, anda bisa memperhatikan background gambar yang bisa kita atur gambar manakah yang ingin didepan maupun yang dibelakang. Dengan begitu anda bisa menumpuk gambar-gambar yang anda inginkan. Sekian.



By : Umaru San


REFERENSI GAMBAR:

Comments

Popular Posts