Harapan Adalah Pegangan Hidup Anda



Berharaplah Walaupun Kita Tidak Bisa Mewujudkannya...


http://www.kesn1033.com/wp-content/uploads/sites/256/2015/06/ray-of-hope.jpg

     Sebelum saya menulis di blog saya ini, saya melihat kamus terlebih dahulu. Ternyata Harapan itu sama saja artinya dengan Impian. Saya yakin pasti semua orang memiliki harapan. Walaupun harapan itu kita anggap sepele. Sejujurnya, Saya sangat senang melihat orang yang dengan sungguh-sungguh ingin harapannya tercapai. Kayaknya itu membuat semangat untuk diri saya sendiri. Harapan saya? Tentu saja harapan saya adalah saya ingin pergi ke Jepang sebelum semuanya berubah. Heheheheee....


Sakurasou no Pet na Kanojo
   
  Melenceng sedikit dari topik pembicaraan. Saya jadi ingat sebuah Anime. Anime apakah itu? Judulnya adalah Sakurasou no Pet na Kanojo: The Pet Girl of Sakurasou. Anime ini menceritakan seorang anak laki-laki yang mempunyai harapan ingin membuat sebuah game yang luar biasa. Sebenarnya sang karakter laki-laki ini (Kanda Sorata) ini mempunyai sifat suka cemburu pada orang lain. Cemburu disini bkan cemburu dalam hal percintaan, tetapi dalam hal kemampuan. Sora suka cemburu kepada tokoh perempuan yang bernama Mashiro Shiina. Pada awalnya sora tidak menyimpan perasaan apapun terhadap shiina. Tapi setelah diketahui bahwa shiina adalah seniman yang terkenal, sora pun menjadi iri. Kenapa iri? karena karya-karya shiina pasti selalu diterima oleh semua orang. Berbeda dengan sora. Game buatan sora selalu mengalami kegagalan. Tapi karena semangatnya agar harapannya terkabul, dia tidak pernah mengenal kata "menyerah". Dia selalu mencoba untuk bangun lagi, dan mencontoh shiina untuk dijadikan panutannya.  

    
 Bukan hanya sora saja yang mengalami kegagalan. Temannya, Aoyama Nanami juga hampir tiap kali mengalami kegagalan. Dia mempunyai impian ingin menjadi Seiyuu. Seiyuu itu adalah pengisi suara di Anime. Dia selalu gagal dalam audisi pencari bakat Seiyuu. Tapi dia selalu dapat motivasi dari sora agar terus berusaha. Lalu bagaimana akhirnya? Happy Ending. Semuanya dapat mencapai harapan mereka. Setelah berkali-kali terjatuh, mereka mempunyai semangat untuk bangun kembali. Mereka tidak pernah jatuh ke lubang yang sama. Itulah yang namanya tekad untuk mengejar impian.

     Kenapa saya menceritakan Anime ini? Saya suka anime ini karena menceritakan sebuah harapan seseorang. Sang tokoh utama selalu berpegang teguh agar impiannya terwujud. Ada yang mempunyai harapan walaupun kondisi fisik sudah tidak memungkinkan lagi. Dia tetap berusaha lagi untuk mewujudkannya. Daripada seseorang sama sekali tidak mempunyai harapan sama sekali. Dia mempunyai fisik yang mumpuni, harta melimpah, semua sudah tercukupi, tapi tidak memiliki harapan apa-apa. Hidup tanpa harapan itu bagaikan dangdut tanpa musik.....Lhooo???

     Saya siihh mempunyai pendapat bahwa harapan atau impian itu adalah pegangan hidup anda. Harapan berasal dari kata harap yaitu keinginan supaya sesuatu terjadi atau sesuatu terjadi atau suatu yang belum terwujud. Kata orang manusia tanpa harapan adalah manusia yang mati sebelum waktu-nya. Bisa jadi, karena harapan adalah sesuatu yang hendak kita raih dan terpampang dimuka. Hampir sama dengan visi walau dalam spektrum sederhana, harapan merupakan cip-taan yang kita buat sebagai sesuatu yang hendak kita raih. Jadi hidup tanpa harapan adalah hidup tanpa visi dan tujuan. Maka bila manusia yang hidup tanpa harapan pada hakekatnya dia sudah mati. Harapan bukanlah sesuatu yang terucap dimulut saja tetapi juga berangkat dari usaha. Dia adalah ke-cenderungan batin untuk membuat sebuah rencana aksi, peristiwa, atau sesuatu menjadi lebih bagus. Sederhananya, harapan membuat kita berpikir untuk melakukan sesuatu yang lebih baik untuk meraih sesuatu yang lebih baik.

http://www.darut-taqrib.org/wp-content/uploads/2010/07/pemuda-harapan-bangsa.jpg     Kita para pemuda Indonesia, bisa disebut para pemuda harapan bangsa. yaaa benar....kita adalah generasi pemuda yang diharapkan oleh bangsa. Kata-kata bung Karno pun masih terngiang. Adakah yang tahu apa kata-kata bung Karno sang presiden pertama kita?? "Beri aku seribu orang, dan dengan mereka aku akan menggerakkan Gunung Semeru. Beri aku sepuluh pemuda yang membara cintanya kepada Tanah Air, dan dengan mereka aku akan mengguncang dunia.’’ Dan ada lagi kata-kata untuk menyemangati para pemuda, "Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia.” Para pemuda pada jaman dulu itu memiliki semangat untuk berjuang.

     Lalu bagaimana dengan pemuda pada jaman sekarang ini? Lihatlah postingan saya sebelumnya. Yaitu tentang tanggung jawab. Para pelaku perusak fasilitas kebanyakan adalah pemuda. kira-kira apakah pemuda yang seperti itu yang disebut pemuda harapan bangsa? Tentu saja tidak! Pemuda yang seperti itu adalah pemuda yang mencemarkan nama baik Indonesia. Mereka yang membuat malu bangsa Indonesia. Jadi, janganlah meniru orang yang seperti itu. Saya juga bingung, apa harapan mereka setelah merusak fasilitas kota? Apa hanya untuk senang-senang saja? Atau karena disuruh orang lain? Saya juga tidak tahu. Intinya adalah jadilah orang yang mempunyai harapan atau impian sendiri walaupun kita tidak tahu apakah kita bisa mewujudkannya apa tidak. Carilah impian yang benar. Jangan asal ikut orang saja. Misalnya seperti si A ingin seperti ini. Lalu anda mengikuti keinginan si A. Belum tentu juga impian si A merupakan Passion kita. Dan kita tidak tahu impiannya si A itu baik atau buruk. Jadilah orang yang bertekad mengejar harapan!


By: Umar_zzz

Comments

Popular Posts